Rabu, 21 September 2011

Someone With Autism Loves Me

tahukah kalian hal-hal apa yang diharapkan oleh anak yang menyandang autisma dari kalian?


#aku adalah anak dengan autisma
aku bukan si 'autis'
autisma yang kumiliki ini adalah salah satu aspek dari keseluruhan karakter yang kumiliki
bukan berarti autisma adalah keseluruhan definisi tentang diriku

apakah kalian merupakan sesorang dengan pikiran, perasaan dan berbagai bakat?
atau kalian hanya seorang yang gendut?
atau bermata empat?
atau cengeng?

enggak kan?

#persepsi snsoriku memiliki kelainan dari manusia umumnya

maksudnya, pemandangan yang umum, suara-suara, aroma, rasa, dan sentuhan-sentuhan yang bahkan mungkin bagi kalian bahkan tidak terperhatikan, bisa jadi menimbulkan rasa sakit bagiku

#sebuah lingkungan tempatku hidup sering nampak bermusuhan denganku
aku mungkin sering terlihat menjauh dan menarik diri, atau tidak cocok dengan kalian
tepi sesungguhnya aku hanya sedang berusaha melindungi diriku sendiri

#pendengaranku bisa jadi sangat hiper-akut
penciumanku bisa jadi teramat sangat sensitif
karena aku sangatlah berorientasi pada visual
mungkin inilah indera pertamaku yang bisa menerima rangsangan

#tolonglah bedakan antara 'tak akan' (aku memilih untuk tidak...),
dengan 'tak bisa' (aku tak mampu untuk...)

#daya terima dan mengekspresikan bahasa, keduanya begitu sulit untuk kulakukan
bukan berarti aku tidak mendengarkan instruksi
itu lebih dikarenakan oleh karena aku tidak bisa mengerti kalian

#aku adalah pemikir sejati
aku mengintepretasi bahasa secara bening

idiom, permainan kata, nuansa, pengertian yang ganda, sarkasme,
kesemua itu menghilang dalam diriku

#tolong bersabarlah dengan keterbatasan kosa-kataku
sangat sulit bagiku unuk mengatakan pada kalian apa yang kubutuhkan di saat aku tidak tahu kata-kata untuk memaparkan perasaanku
bisa saja aku lapar, frustasi, ketakutan atau kebingungan,
namun saat ini kesemua kata tersebut di atas berada jauh diluar kemampuanku untuk mengekspresikannya
ada sebuah hempasan sisi untuk ini:
aku mungkin terdengar seperti seorang profesor kecil yang melampaui perkembangan usiaku

#ada beberapa pesan yang telah kuhapal di dunia sekelilingku untuk mengimbangi
kekuranganku dalam berbahasa,
karena yang kutahu aku sangat mengharapkan respon saat berbicara

#karena bahasa adalah sesuatu yang sangat sulit bagiku, maka aku sangat berorientasi pada visual
tunjukan padaku bagaimana 'melakukannya'
daripada hanya mengatakannya padaku

dan bersedialah untuk menunjukkannya padaku berulang kali
kesabaran yang terus menerus untuk mengulangkannya padaku sangat membantuku untuk mempelajarinya
fokuskan dan bangunlah kesabaran mengulang itu pada sesuatu yang dapat kulakukan dari pada hal yang tak mampu kulakukan

#seperti manusia lainnya, aku tidak dapat belajar di dalam lingkungan di mana aku secara konstan merasa bahwa aku tidak cukup mampu atau aku merasa perlu diperbaiki

#tolong carilah kekuatanku, kelebihanku, maka kalian akan menemukannya
ada lebih dari sekedar satu cara untuk membantuku melakukan itu

#bantulah aku dalam berinteraksi secara sosial
mungkin kelihatannya aku tidak ingin bermain dengan anak-anak lain,
tapi terkadang aku hanya sekedar tidak tahu bagaimana cara memulai percakapan atau masuk ke dalam situasi sebuah permainan

#cobalah untuk mengidentifikasi apa pemicu krisis dalam diriku
krisis itu terjadi karena satu atau lebih dari inderaku mengalami kelebihan muatan
jika kalian dapat mengenali kenapa krisis yang ada pada diriku terjadi, kadang krisis itu bisa dicegah

#kalau kalian bagian dari keluarga atau (merasa menjadi) orang terdekatku,
tolong cintai aku dengan tanpa syarat
usirlah pikiran seperti: 'ah, jika saja dia bisa...'
atau 'kenapa sih dia ga bisa...'

#aku tidak bisa menghindar kalau aku terlahir dengan memiliki autisma
ingat saja bahwa itu terjadi pada diriku, bukan pada kalian

#tanpa dukungan kalian, kesempatanku untuk meraih kesuksesan dan kemandirian di masa dewasa nanti sangat tipis
dengan dukungan dan bimbingan kalian, kemungkinan-kemungkinan akan menjadi lebih luas dari yang kalian duga

AKU BERJANJI, KALAU AKU INI JUGA BERARTI

#kalianlah pondasiku,
pikirkan dalam-dalam tentang beberapa dari aturan-aturan sosial. dan kalau itu tidak berguna bagiku, tinggalkan saja

jadilah advokat bagiku, jadilah temanku, dan kita lihat nanti seberapa jauh kita bisa melaluinya bersama

#cobalah untuk memandang ke-autismaanku sebagai kebisaanku yang berbeda daripada melihatnya sebagai ketidakmampuan
lupakan bahwa apa yang kalian lihat adalah keterbatasan, dan lihatlah itu sebagai berkah yang diberikan oleh autisma kepadaku

#aku memang tidak baik dalam kontak mata atau percakapan
tapi sadarkan kamu bahwa aku tidak berbohong,
curang dalam permainan,
mengadukan teman sekelasku pada guru,
atau menuding orang lain?

itu semua tergantung pada satu kata

KESABARAN


hmm...
tahukah kalian, bagaimana wajah anak penyandang autisma?

: mereka manis, lucu, pintar, menakjubkan....
dan unik seperti semua orang di dunia

1 komentar:

  1. ini kali keempat saya membaca tulisan ini..... bahasa yang perlu disebar .. agar orang-orang mengerti bagaimana berteman dengan anak2 yang lebih butuh perhatian...

    BalasHapus