Jumat, 23 September 2011

Jumlah dan konsep Besar Kecil

Autisma bukan penyakit, jadi tidak bisa disembuhkan. Anak penyandang autisma berbeda dengan orang normal yang memiliki banyak pola dalam menjalani hidupnya. Sedangkan anak autis hanya memiliki sedikit sekali pola. Makanya mereka seperti terlihat asik sendirian dan terlalu fokus pada satu hal. Mereka juga memiliki keterlambatan dalam perkembangan motorik halus dan motorik kasar. Dengan terapi intensif mereka diajarkan mengenal lebih banyak pola agar bisa bersosialisasi dengan baik.

Yang pasti di kepala mereka tidak ada konsep sosial. Ciri yang paling mudah dikenali dalam diri anak penyandang autisma adalah : menolak kontak mata.

Menurut psikolog-nya Bodas, Seseorang bisa dikatakan keluar dari ke-autisan-nya saat dia sudah mengenal lebih dari 500 konsep. Sekitar setahun yang lalu Bodas kembali menjalankan assessment dengan psikolog dan terapisnya. Hasilnya adalah : Bodas sudah mengenal sekitar 90 konsep.

masih panjang perjalanan yang inspratif ini.

*          *         *

Gambar ini dibuat Ambu tepat setahun lalu, saat Bodas baru saja berulang tahun ke-7. Dia baru mulai mengerti konsep perbedaan lebih besar dan lebih kecil, kemudian dia mulai menerapkannya dalam konsep durasi waktu.



Lenteng Agung, 23 September 2011
Teks dan gambar oleh 
Otty Widasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar